• Posted by : Bidenk Friday, March 22, 2019


    ALAT MUSIK TRADISIONAL DI INDONESIA

    NO
    PROVINSI
    ALAT MUSIK
    CARA MEMAINKAN
    1
    ACEH
    SERUNE KALEE
    Hasil gambar untuk SERUNE KALEE
    Serune atau serunai khas Aceh ini termasuk dalam jenis alat musik aerophon yang berarti dimainkan dengan cara ditiup. Adanya lubang-lubang nada di bagian tangkainya berfungsi sebagai pengatur tinggi nada yang menjadi bunyinya.

    2
    SUMATERA UTARA
    ARAMBA
    Hasil gambar untuk ARAMBA
    Aramba adalah sejenis gong kecil yang sering dimainkan dalam upacara adat Batak. Ia termasuk dalam jenis alat musik ideophon yang berarti dimainkan dengan cara dipukul.

    3
    SUMATERA BARAT
    GENDANG
    Hasil gambar untuk GENDANG SUMATERA BARAT
    Gendang ini adalah gendang khusus yang hanya dimainkan dalam peringatan hari wafatnya Cucu Rosululloh (Hasan Husein). Nilai-nilai spiritualis Islam terkandung kuat dalam alat musik yang tergolong jenis Membranophon ini.

    4
    RIAU
    GAMBUS
    Hasil gambar untuk GAMBUS
    Gambus sejatinya berasal dari budaya Timur Tengah yang dibawa oleh para pedangang Gujarat pada masa penyebaran Islam di Indonesia. Kendati demikian, alat musik ini justru lebih populer dalam budaya masyarakat Melayu Riau dibandingkan dengan budaya masyarakat Gujarat, India yang memperkenalkannya. Gambus termasuk jenis alat musik Kordophon karena dimainkan dengan cara dipetik.

    5
    JAMBI
    GAMBUS
    Hasil gambar untuk GAMBUS RIAU
    DIPETIK PADA BAGIAN SENARNYA
    6
    SUMATERA SELATAN
    ACCORDION
    Hasil gambar untuk accordion sumatera selatan
    Membahas tentang ikon budaya seni musik, provinsi Jambi sendiri memiliki alat musik tradisional yang bernama akordeon atau kordeon. Instrumen ini dimainkan dengan cara dipompa dan ditekan.

    7
    BENGKULU
    DOLL
    Hasil gambar untuk DOLL BENGKULU

    Doll memiliki fungsi yang sama dengan gendang Tabuik khas Sumatera Barat, yaitu sebagai alat musik wajib dalam ritual peringatan meninggalnya cucu Rosululloh.

    8
    LAMPUNG
    BENDE
    Hasil gambar untuk bende lampung
    Di antara keempat instrumen tersebut, Bende menjadi yang paling populer dan bahkan diabadikan dalam logo resmi Provinsi Lampung. Bende adalah gong kecil yang dulunya digunakan sebagai media komunikasi warga
    9
    KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
    REBANA
    Hasil gambar untuk rebana bangka belitung
    Rebana khas Bangka Belitung ada yang dilengkapi dengan logam gemerincing dibagian tepi kerangkanya, tapi ada juga yang polos. Selain rebana, Bangka Belitung juga mengenal beberapa alat musik lain khas Melayu lainnya, seperti Gambus, Gendang, dan Rebab.

    10
    KEPULAUAN RIAU
    GENDANG PANJANG
    Gambar terkait
    Adapun terkait dengan ikon alat musik tradisionalnya, Pemda Kep. Riau memperkenalkan Gendang Panjang dan Marwas ke kancah nasional. Kedua instrumen ini termasuk jenis alat musik membranophon karena memiliki membran yang menjadi sumber bunyinya.

    11
    DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
    TEHYAN
    Hasil gambar untuk TEHYAN JAKARTA
    Di antara alat-alat musik tersebut, yang menjadi ikon budaya Betawi adalah alat musik bernama Tehyan. Instrumen ini dimainkan dengan cara sama seperti memainkan rebab, yakni dengan cara digesek.

    12
    JAWA BARAT
    ANGKLUNG
    Hasil gambar untuk ANGKLUNG JAWA BARAT
    Angklung sudah dikenal luas sebagai alat musik tradisional suku Sunda di Jawa Barat. Instrumen ini bahkan sempat diabadikan dalam mata uang Indonesia pecahan logam Rp. 1000. Cara memainkan alat musik yang terbuat dari susunan bambu ini adalah dengan digerak-gerakan, oleh karena itu ia termasuk jenis alat musik ideophon.

    13
    JAWA TENGAH
    GAMELAN
    Hasil gambar untuk GAMELAN JAWA TENGAH
    Gamelan sebagai alat musik daerahnya. Gamelan adalah seperangkat alat musik bernada pentatonis. Gamelan terdiri dari Bonang, Bonang Penerus, Kendang, Demung, Peking (Gamelan), Saron,Kenong & Kethuk, Gender, Gong, Slenthem, Siter, Gambang, Rebab, dan Suling. Selain untuk mengiringi lagu campur sari, gamelan juga digunakan dalam pertunjukan wayang kulit sebagai musik pengiring.

    14
    DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
    KENDANG
    Hasil gambar untuk KENDANG JOGJA
    budaya masyarakat provinsi ini juga tidak berbeda dengan budaya Jawa. Terkait dengan kesenian daerahnya, Yogyakarta sendiri mengangkat Kendang selaku alat musik tradisionalnya. Kendang Yogya memiliki 2 membran di setiap ujung rangkanya dengan ukuran yang berbeda
    15
    JAWA TIMUR
    BONANG
    Hasil gambar untuk BONANG JAWA TIMUR
    Adapun terkait budaya seni musik, jenis alat musik tradisional yang diperkirakan asli berasal dari Budaya Jawa Timur adalah Bonang. Instrumen yang tersusun atas seperangkat gong kecil ini diciptakan oleh Sunan Bonang, salah satu ulama penyebar agama Islam di Jawa (Wali Songo). Bonang termasuk alat musik ideophon karena dimainkan dengan cara dipukul.

    16
    BANTEN
    BEDUG
    Hasil gambar untuk BEDUG

    Bedug yang selama ini kita atau masyarakat Melayu kenal, sebetulnya berasal dari budaya Banten. Di masa silam, bedug dijadikan sebagai sarana komunikasi antar kelompok kampung yang saling berjauhan. Setelah budaya Islam masuk, Bedug beralih fungsi. Ia dijadikan penanda masuknya waktu sholat bagi umat Muslim. Bunyi tabuhannya yang keras dan menggema memungkinkan masyarakat tahu masuknya waktu sholat sekalipun tanpa adanya pengeras suara.

    17
    BALI
    CENGCENG
    Hasil gambar untuk CENGCENG BALI
    Diletakkan Di Kedua Telapak Tangan Kemudian Ditepuk Sehingga Saling Berbenturan Dan Mengeluarkan Suara
    18
    NUSA TENGGARA BARAT
    PARERET
    Hasil gambar untuk PERERET NTT
    Pareret menjadi alat musik tradisional NTB yang sering dimainkan dalam upacara keagamaan Hindu. Dalam memainkannya terdapat kepercayaan spiritualis yang menentukan boleh tidaknya serunai khas NTB ini dimainkan.

    19
    NUSA TENGGARA TIMUR
    SASANDO
    Hasil gambar untuk SASANDO NTT
    Meski terbilang sangat etnik dan memiliki nilai artistik yang tinggi, saat ini sudah mulai jarang orang yang menguasai dan dapat memainkan sasando. Oleh karenanya, jika kebetulan Anda adalah orang NTT maka selayaknya Anda dapat mulai belajar memainkan instrumen ini dan memperkenalkannya pada orang-orang di sekitar Anda.
    20
    KALIMANTAN BARAT
    TUMA

     Hasil gambar untuk TUMA KALBAR
    Tuma adalah sejenis gendang panjang yang terbuat dari bahan kayu berdiameter 25 cm dan panjang 1 meter sebagai rangkanya serta kulit lembu sebagai membrannya. Tuma dimainkan dengan cara ditepuk sehingga tergolong jenis alat musik membranophon. Ia dimainkan sebagai pengiring tarian tradisional bersama jenis alat musik lainnya.

    21
    KALIMANTAN TIMUR
    SAMPE
    Gambar terkait
    Sampek sebagai alat musik tradisionalnya. Sampek adalah sejenis kecapi yang hampir mirip dengan Japen khas Kalimantan Tengah. Instrumen inipun berasal dari budaya suku Dayak yang tersebar di wilayah Kalimantan Timur.
    22
    KALIMANTAN TENGAH
    JAPEN
    Gambar terkait
    Japen adalah alat musik tradisional Kalimantan Tengah yang paling populer di antara banyak alat musik lainnya yang dikenal masyarakat Dayak di provinsi ini. Japen serupa seperti kecapi dan dimainkan dengan cara dipetik. Selain itu, nada yang dihasilkan japen juga mirip dengan nada-nada musik kecapi.

    23
    KALIMANTAN SELATAN
    PANTING
    Hasil gambar untuk PANTING KALSEL
    Panting adalah alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang dimainkan dengan cara dipetik. Ia menghasilkan nada-nada melodi yang indah dan menggema seperti suara gambus padang pasir. di antara instrumen tradisional lainnya, panting menjadi yang paling sering dimainkan masyarakat Banjar hingga saat ini. 

    24
    KALIMANTAN UTARA

    SLUDING
    Gambar terkait
    Instrumen ini terbuat dari delapan bilah kayu dengan ukuran berbeda yang diuntai menyerupai bentuk gambang dengan seutas rotan. Kedelapan bilah kayu pada alat musik yang oleh orang Dayak Modang disebut Klentangan ini disusun pada sebuah rangka kayu dengan hiasan kepala burung Enggang di bagian atasnya.ia dimainkan dengan cara dipukul sehingga termasuk jenis alat musik ideophone.
    25
    SULAWESI UTARA
    ARBABU
    Hasil gambar untuk ARABABU SULUT
    Arbabu menghasilkan nada-nada melodis saat digesek. Karena hanya memiliki dawai, yang murni mengatur permainan nada adalah jari yang menekan chord-chord tertentu.
    Disalin dari Blog Adat Tradisional
    26
    SULAWESI TENGAH
    GANDA
    Hasil gambar untuk GANDA SULTENG
    Ganda adalah gendang kecil seperti marwas yang terbuat dari kayu dan kulit sapi sebagai membrannya. Ganda dimainkan dengan cara ditepuk menggunakan tangan dan menghasilkan nada-nada ritmis. Permainan ganda umumnya dilakukan bersama iringan alat musik lainnya.

    27
    SULAWESI SELATAN
    TALINDO
    Hasil gambar untuk TALINDO SULSEL
    Alat musik ini dibuat dari kayu berbentuk busur yang bertumpu pada tempurung kelapa utuh. Pada bagian busur, terdapat senar panjang yang akan menghasilkan suara bila dipetik

    28
    SULAWESI TENGGARA
    BAASI
    Hasil gambar untuk BAASI SULTENG
    Instrumen ini adalah seperangkat potongan batang bambu berjumlah 10 buah yang dimainkan dengan cara dipukul-pukul menggunakan rotan. Kesepuluh buah bambu Baasi memiliki panjang yang berbeda-beda dengan setiap lubang di bagian pakalnya, sehingga ia akan menghasilkan bunyi nada yang berbeda-beda pula. U

    29
    GORONTALO
    POLOPALO
    Hasil gambar untuk POLOPALO
    Polopalo dimainkan dengan cara dipukulkan pada lutut atau bagian tubuh lain para pemainnya. Umumnya, instrumen ini dimainkan bersama-sama dalam pertunjukan tari tradisional khas Gorontalo.

    30
    SULAWESI BARAT
    KECAPI MANDAR
    Hasil gambar untuk KECAPI MANDAR
    Kecapi Mandar adalah sebuah alat musik petik yang berasal dari budaya suku Mandar di Sulawesi Barat. Alat musik ini terbilang unik dan berbeda dengan jenis kecapi yang berasal dari budaya Tionghoa. Ia dimainkan dengan cara direngkuh oleh pemainnya seperti dalam permainan gitar. 

    31
    MALUKU
    JUKULELE
    Hasil gambar untuk JUKULELE
    Instrumen ini adalah alat musik yang terbuat dari bahan-bahan alam yaitu kayu, kulit binatang, dan batok kelapa. Bentuknya seperti rebab tapi ia dimainkan dengan cara dipetik seperti gitar. 

    32
    MALUKU UTARA
    CIKIR
    Hasil gambar untuk CIKIR

    Cikir adalah instrumen yang terbuat dari batok kelapa yang diisi pasir dan kerikil serta dilengkapi tangkai kayu yang berfungsi sebagai pegangan. Cikir dimainkan dengan cara dikocok sehingga masuk dalam jenis alat musik ideophon.

    33
    PAPUA BARAT
    FU

    Hasil gambar untuk FU PAPUA
    Salah satunya adalah alat musik tiup dari kerang yang bernama Fu. Alat musik ini dulunya digunakan sebagai sarana komunikasi antar masyarakat kampung. Semakin keras ditiup, Fu akan menghasilkan bunyi yang semakin lantang dan keras.

    34
    PAPUA
    TIFA
    Hasil gambar untuk TIFA PAPUA
    Gendang ini umumnya dimainkan mengiringi tarian-tarian adat. Gendang Tifa terasa sangat unik dengan adanya beragam pahatan atau ornamen etnik khas suku-suku Papua di bagian kayunya. Sementara untuk bagian membrannya, digunakan kulit rusa atau kulit babi yang telah dikeringkan.




    Untuk Yang Bentuk Word Silahkan Klik Link di bawah ini :

    0 comments

  • Copyright © - BIDENK - BIDENK - Powered by Blogger - Designed by Bidenk